« Home | First post » 

Tuesday, March 14, 2006 

Islam Dihujat

Penulis : Hj. Irena Handono, (mantan biarawati)
Isi : 357 hal.
Penerbit: Bima Rodheta


".... Dia (Muhammad) mengajar dan mencontohkan kepada murid-muridnya untuk membunuh dan merampok demi nama Allah, dan memaksa orang-orang masuk Islam."

Demikianlah kalimat yang tertulis dalam buku "The Islamic Invasion" karya Robert Morey.

Kalimat diatas adalah gambaran bagaimana beberapa kaum orientalis Barat melakukan kajian dan mempresentasikan Islam dan kaum muslimin sesuai dengan kacamata mereka, dibarengi dengan kegiatan misionaris dalam rangka memperkokoh kedudukan imperialis dan penyebaran Kristen di kalangan bangsa Timur Muslim.

Di pihak lain, umat Islam mengalami stagnasi pemikiran dan disintegrasi politik yang sangat parah, bahkan semangat interdependensi seakan lenyap akibat pertikaian interen memperebutkan kepentingan masing-masing dan fenomena taqlid dalam pemikiran agama. Sehingga umat lemah sekali tanpa adanya filter yang berarti, untuk menentang pemikiran-pemikiran mereka. Ironisnya, kalimat diatas adalah identik sekali dengan apa yang diajarkan Jesus kepada umat Kristiani dalam Bibel (lihat Ulangan 20 : 12-14, I Samuel 15 : 2-3).

Maka fenomena pembantaian 300.000 umat Islam di Bosnia oleh umat Kristiani dapat kita lihat dalam ekspresi yang mengerikan. Para jamaah ditembaki saat sedang shalat di Masjid, wanita-wanita diperkosa, walaupun media tidak banyak bersuara mengenai hal ini.

Tetapi di kalangan orientalis Barat sendiri memang ada yang jujur dan sadar dalam memahami Islam dan kaum muslimin. Mereka ini mau tampil sebagai pembela-pembela Islam yang tangguh. Kerapkali mereka juga sangat gemas dengan pandangan yang salah dan zalim dari kalangan orientalis Barat.

Buku ini menjawab beberapa hujatan terhadap Islam dan kaum Muslimin yang ditulis oleh Robert Morey dalam buku "The Islamic Invasion" yang cukup meresahkan masyarakat itu, khususnya para muallaf.

Dalam menjawab "The Islamic Invasion", buku ini merujuk pada sumber pokok Islam yang dihujat Morey, yaitu Al-Qur'an dan Hadits. Juga membandingkannya dengan ajaran Bibel, serta menyertakan komentar orientalis Barat lainnya yang jujur dan sadar dalam melihat Islam. Juga beberapa pemikiran kaum intelektual Muslim sendiri dalam "menyambut" hujatan-hujatan oleh Robert Morey itu.

Buku ini ditulis oleh seorang mantan biarawati yang pernah mendapatkan pendidikan sekolah teologi sampai akhirnya Allah menurunkan hidayah kepada beliau dan sekarang berbalik menjadi seorang ustadzah. Hj. Irena handono, saat ini sebagai ketua Umum Pimpinan pusat Gerakan Muslimat indonesia. Sebuah ormas perempuan muslim independent, lintas golongan, ras dan suku. Program andalan organisasi ini adalah membentengi umat dari bahaya deislamisasi dan pemurtadan. Beliau juga aktif melakukan dakwah, khususnya membina para mualaf-sebuah dunia yang pernah dialaminya sendiri. Beliau pun membangun website yang bisa dikunjungi di http://www.irena-center.org/.

About me

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Blog ini dikhususkan untuk menyimpan resensi buku-buku Islam dan buku-buku itu bisa berupa buku referensi semisal buku fiqih, hadits dan sebagainya. Atau bisa juga berbentuk novel atau cerita pendek yang masih bernafaskan Islami.

    Beberapa buku di blog ini ada yang ditulis reviewnya sendiri oleh admin, sebagian lainnya dari republika, swaramuslim dan berbagai tempat lainnya di internet.

    Kalau kamu juga punya atau pernah meresensi buku-buku Islam, sharing di blog ini ya. Kamu bisa kirim resensinya (beserta foto bukunya kalau bisa) ke e-mail:
    indrayogi[at]hotmail.com. Ditunggu ya partisipasinya.

    Untuk kiat menulis resensi buku bisa dibaca disini, untuk tips merawat buku, silahkan klik disini dan untuk tips speed & effective reading, klik disini. Semoga blog kecil ini bisa bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam memilih dan membeli buku Islam.

    Wassalamu'alaikum wr wb

Previous posts

Powered by Blogger
and Blogger Templates