« Home | Tersenyumlah » | Islam Dihujat » | First post » 

Wednesday, March 15, 2006 

65 Manusia Langit: Perjalanan Hidup Sahabat Rasulullah

Penulis: Dr Abdurrahman Ra'fat al-Basya
Penerjemah: Asep Sobari, Lc dan Yuni
Penerbit: Senayan Abadi
Cetakan: I, September 2005


Berkaca Pada Sahabat Rasulullah

Siapa pun yang menelusuri jejak perjalanan hidup para sahabat Rasulullah akan mendapati sosok-sosok manusia dengan prestasi luar biasa. Manusia yang mampu membangkitkan semangat juang di jalan Allah dan menyempurnakan kesabaran mempertahankan keislaman mereka saat ujian dan fitnah mendera bertubi-tubi. Kepribadian mereka yang agung dapat menghidupkan hati setiap orang yang membaca kisah mereka. Tidak ada satu pun di antara mereka, kecuali telah melukiskan sejarah keharuman manusia yang mesti dijadikan teladan.

Buku ini memuat kisah hidup dan perjuangan para sahabat agung itu. Yakni, mereka yang telah meneguk air keimanan langsung dari Rasulullah SAW. Mereka juga telah merasakan manisnya berjuang di jalan Allah dan indahnya hidup dalam embusan napas kesabaran untuk mempertahankan akidah dan iman mereka. Penulis mengumpulkan perjalanan hidup 65 sahabat Rasulullah. Mereka antara lain Anas bin Malik, Abdullah bin Jahsy, Abu Dzar al-Ghifari, Salman Al-Farisi, Abdullah bin Abbas, Zaid bin Haritsah, Bilal bin Rabah, dan Zaid bin Tsabit. Selain itu, Abdurrahman bin Auf, Ja'far bin Abi Thalib, Abu ad-Darda', Muadz bin Jabal, Utsman bin Affan, hingga Amr ibnu Ash.

Hal yang menonjol pada diri para sahabat agung itu adalah keikhlasan dan ketulusan mereka dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT. Mereka mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari mereka mencintai diri sendiri dan keluarganya. Merek rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya demi perjuangan Islam yang mulia. Setiap kali turun ayat Alquran, merekalah orang-orang pertama yang berlomba-lomba untuk melaksanakannya. Penulis berhasil menyajikan kisah hidup para sahabat secara ringkas namun padat, dengan kutipan dan dialog-dialog yang menarik.

Setiap tokoh sahabat ditulis dengan simpati dan empati yang mendalam, sehingga mampu menyentuh batin orang-orang yang membacanya. Buku ini amat perlu dibaca oleh setiap Muslim. Dengan berkaca pada para sahabat Rasulullah, insya Allah kita akan memperbaiki kehidupan kita menuju jalan yang diridhai Allah SWT.

About me

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Blog ini dikhususkan untuk menyimpan resensi buku-buku Islam dan buku-buku itu bisa berupa buku referensi semisal buku fiqih, hadits dan sebagainya. Atau bisa juga berbentuk novel atau cerita pendek yang masih bernafaskan Islami.

    Beberapa buku di blog ini ada yang ditulis reviewnya sendiri oleh admin, sebagian lainnya dari republika, swaramuslim dan berbagai tempat lainnya di internet.

    Kalau kamu juga punya atau pernah meresensi buku-buku Islam, sharing di blog ini ya. Kamu bisa kirim resensinya (beserta foto bukunya kalau bisa) ke e-mail:
    indrayogi[at]hotmail.com. Ditunggu ya partisipasinya.

    Untuk kiat menulis resensi buku bisa dibaca disini, untuk tips merawat buku, silahkan klik disini dan untuk tips speed & effective reading, klik disini. Semoga blog kecil ini bisa bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam memilih dan membeli buku Islam.

    Wassalamu'alaikum wr wb
Powered by Blogger
and Blogger Templates