« Home | Shaidul Khathir, Cara Manusia Cerdas Menang Dalam ... » | Syarah Tsalatsatul Ushul » | 65 Manusia Langit: Perjalanan Hidup Sahabat Rasulu... » | Tersenyumlah » | Islam Dihujat » | First post » 

Friday, March 17, 2006 

Jangan Takut Hadapi Hidup

Penulis: Dr Aidh Abdullah Al-Qarni
Penerjemah: Masrukhin
Penerbit: Cakrawala Publishing
Resentor: Team Republika
Cetakan: I, Juni 2005

Berani Menghadapi Hidup

Dalam salah satu hadisnya, Rasulullah menyatakan bahwa Allah SWT berfirman, ''Siapa yang memusuhi kekasih-Ku, maka ia telah menyatakan perang dengan-Ku. Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri-Nya kepada-Ku dengan sesuatu yang paling dicintainya dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya, dan tidak henti-hentinya hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang sunah, sehingga Aku mencintainya, dan jika Aku telah mencintainya, maka Aku menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, penglihatannya yang dengannya ia melihat, tangannya yang dengannya ia menampar, dan kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku pasti Aku akan memenuhi permintaannya, dan jika ia meminta perlindungan-Ku, pasti Aku akan melindunginya.'' (HR Bukhari)

Hadis di atas merupakan salah satu sabda Rasulullah SAW yang paling penting dalam ajaran agama Islam. Hadis inilah yang dikutip oleh Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, salah seorang penulis dan dai Islam terkemuka saat ini. Penulis buku laris La Tahzan (Jangan Takut) itu kali ini menyuguhkan sebuah buku yang sangat menarik dan menggugah. Intinya adalah jangan takut menghadapi hidup.

Bagaimana caranya agar kita berani menghadapi hidup? Penulis menegaskan pentingnya bagi kita untuk berbenah diri dan selalu optimistis dalam mengarungi kehidupan yang fana ini. Penulis mengingatkan kita agar senantiasa hidup bersama petunjuk Alquran, dan menghilangkan keterikatan hati dari segala aksesoris dunia, serta mendirikan shalat di keheningan malam (qiyamullail).

Tak kalah pentingnya adalah selalu mencermati setiap kejadian yang lalu lalang di hadapan kita, mengambil hikmah dari semua kejadian, dan merenungkan setiap lintasan peristiwa yang akan memberi pencerahan kepada kita di tengah kelalaian manusia.

Pembahasan buku ini sangat lengkap, dimulai dari kecintaan yang agung (kepada Allah SWT), karakteristik orang-orang yang beruntung, dan sepuluh sifat yang utama. Juga, pertolongan Allah terhadap para kekasih-Nya, Allah adalah sebaik-baik pelindung, keutamaan orang-orang berzikir dan bertahajjud, keutamaan doa, dan fadilah kesabaran.

About me

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Blog ini dikhususkan untuk menyimpan resensi buku-buku Islam dan buku-buku itu bisa berupa buku referensi semisal buku fiqih, hadits dan sebagainya. Atau bisa juga berbentuk novel atau cerita pendek yang masih bernafaskan Islami.

    Beberapa buku di blog ini ada yang ditulis reviewnya sendiri oleh admin, sebagian lainnya dari republika, swaramuslim dan berbagai tempat lainnya di internet.

    Kalau kamu juga punya atau pernah meresensi buku-buku Islam, sharing di blog ini ya. Kamu bisa kirim resensinya (beserta foto bukunya kalau bisa) ke e-mail:
    indrayogi[at]hotmail.com. Ditunggu ya partisipasinya.

    Untuk kiat menulis resensi buku bisa dibaca disini, untuk tips merawat buku, silahkan klik disini dan untuk tips speed & effective reading, klik disini. Semoga blog kecil ini bisa bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam memilih dan membeli buku Islam.

    Wassalamu'alaikum wr wb
Powered by Blogger
and Blogger Templates