« Home | Jangan Takut Hadapi Hidup » | Shaidul Khathir, Cara Manusia Cerdas Menang Dalam ... » | Syarah Tsalatsatul Ushul » | 65 Manusia Langit: Perjalanan Hidup Sahabat Rasulu... » | Tersenyumlah » | Islam Dihujat » | First post » 

Friday, March 17, 2006 

Ayat-Ayat Cinta

Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Tebal : ix+418 halaman
Ukuran : 20,5 x 13,5 cm
Harga : Rp. 40.000,00


Inilah salah contoh novel karya penulis muda yang sangat bagus. Dengan judul yang puitis, Ayat-ayat Cinta (Penerbit Republika dan Basmalla, 2004), penulis novel ini Habiburrahman El Shirazy berhasil menggambarkan latar (setting) sosial-budaya Timur Tengah dengan sangat hidup tanpa harus direpoti dan disesaki oleh istilah-istilah Arab. Bahasanya yang mengalir, karekterisasi tokoh-tokohnya yang begitu kuat, dan gambaran latarnya yang begitu hidup, membuat kisah dalam novel ini terasa benar-benar terjadi.

Novel ini mengisahkan 'cinta' dan persahabatan antara Fahri yang Muslim dan Maria yang Koptik (Kristen ortodox). Dari sinilah sang novelis lantas berbicara tentang makna hidup, agama dan cinta, dalam latar sosial-budaya Mesir, dengan pendekatan yang sangat Islami. ''Membaca Ayat-ayat Cinta ini membuat angan kita melayang-layang ke negeri seribu menara dan merasakan pelangi akhlak yang menghiasi pesona-pesonanya,'' komentar artis Ratih Sanggarwati.

What they say about AAC ?

"Penulis novel ini berhasil menggambarkan latar (setting) sosial-budaya Timur Tengah dengan sangat hidup tanpa harus memakai istilah-istilah Arab. Bahasanya yang mengalir, karakterisasi tokoh-tokohnya yang begitu kuat, dan gambaran latarnya yang begitu hidup, membuat kisah dalam novel ini terasa benar-benar terjadi. Ini contoh novel karya penulis muda yang sangat bagus!"

AHMADUN YOSI HERFANDA
Sastrawan dan Redaktur Budaya Republika

"Jarang ada buku seperti ini. Saya tidak yakin akan ada novel serupa dari penulis muda Indonesia lainnya; saat ini bahkan mungkin hingga beberapa puluh tahun ke depan. Begitu menyentuh. Begitu dalam. Dan begitu dewasa!"

MOHAMMAD FAUZIL ADHIM
Psikolog dan Penulis Buku-buku Best Seller

"Jika Naguib Mahfuz menulis Mesir dari pandangan orang Mesir, maka Mesir kali ini ditulis dalam pandangan orang Indonesia. Novel ini ditulis oleh orang Indonesia yang paham betul seluk-beluk negeri itu, hingga ke detail-detail yang paling kecil. Ia hidup, berbaur dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari; lalu menyerap spirit dan pengetahuan darinya, dan dituangkan dengan sepenuh hati dalam bentuk novel kaya. Ditulis dengan bahasa yang lancar, dengan tokoh-tokoh yang 'hidup' dan berkelebatan dalam berbagai karakter. Membaca novel ini seperti membuka cermin cakrawala yang terbuka..."

JONI ARIADINATA
Cerpenis, Redaktur Jurnal Cerpen Indonesia

"Novel yang tidak klise dan tak terduga pada setiap babnya. Habiburrahman El Shirazy dengan sangat meyakinkan mengajak kita menyelusuri lekuk Mesir yang eksotis itu, tanpa lelah. Tak sampai di situ, Ayat Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan dan juga cinta."

HELVY TIANA ROSA
Ketua Umum Forum Lingkar Pena

"Membaca Ayat Ayat Cinta ini membuat angan kita melayang-layang ke negeri seribu menara dan merasakan 'pelangi' akhlak yang menghiasi pesona-pesonanya. Sungguh sebuah cerita yang layak dibaca dan disosialisasikan pada para pemburu bacaan popular yang sudah tidak mengindahkan akhlak sebagai menu utamanya, agar dunia bacaan kita terhiasi karya-karya yang 'membangun'."

RATIH SANGARWATI
Artis dan Peragawati

"Sangat romantis dan humanis! Novel ini saya rasakan begitu kuat dalam ajaran, perasaan, dan penokohannya. Luar biasa, hati saya gerimis selesai membacanya!"

HAMIZAR "BAZARVIO" RIDWAN
Sastrawan dan Wartawan Pontianak Post

"Cerita yang disajikan benar-benar bisa membuat pembaca memasuki Mesir dengan detail kota yang menakjubkan. Kisah cinta yang ditawarkan pun bukan kisah cinta kacangan. Inilah novel yang ditulis menggunakan referensi kitab-kitab Islam klasik sehingga mempunyai bobot dakwah tanpa pembaca merasa didakwahi. Seperti komentar yang diatas, novel ini memang bisa membuat hati gerimis, ngga perempuan ngga laki pokoknya gerimis mengundang. Selamat membaca dan jangan lupa siapin tissue !"

INDRA
Admin resensibukuislam.blogspot.com

"Membaca novel ini, nutrisi cinta seakan mengalir memenuhi jiwa. Dan pikiran kiat terpenuhi oleh berbagai pengetahuan dan wawasan. Inilah karya fiksi yang tidak 'mengelabui'. Bagus sekali."

ANNA R. NAWANING
Cerpenis dan Penulis Sastra Islami

AAC memang bagus banget, cerita yang romantis... :)

apa kabarnya...??

http://iqbalir.com

subhanalloh...

memang karya fiksi(atau non fiksi) ini amat menggugah kebekuan saya dan semakin mengobarkan semangat tuk istiqomah seperti fahri dan seperti aisha..

semoga 4JJ1 mendengarkan dan mengabulkan doa saya

Post a Comment

About me

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Blog ini dikhususkan untuk menyimpan resensi buku-buku Islam dan buku-buku itu bisa berupa buku referensi semisal buku fiqih, hadits dan sebagainya. Atau bisa juga berbentuk novel atau cerita pendek yang masih bernafaskan Islami.

    Beberapa buku di blog ini ada yang ditulis reviewnya sendiri oleh admin, sebagian lainnya dari republika, swaramuslim dan berbagai tempat lainnya di internet.

    Kalau kamu juga punya atau pernah meresensi buku-buku Islam, sharing di blog ini ya. Kamu bisa kirim resensinya (beserta foto bukunya kalau bisa) ke e-mail:
    indrayogi[at]hotmail.com. Ditunggu ya partisipasinya.

    Untuk kiat menulis resensi buku bisa dibaca disini, untuk tips merawat buku, silahkan klik disini dan untuk tips speed & effective reading, klik disini. Semoga blog kecil ini bisa bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam memilih dan membeli buku Islam.

    Wassalamu'alaikum wr wb
Powered by Blogger
and Blogger Templates